All About Music

Bunyi terjadi akibat adanya getaran dari suatu benda. Getaran tersebut mengenai molekul-molekul udara disekitarnya, molekul-molekul udara menangkap getaran dan menyebar bersama sebagai gelombang bunyi. Getaran kemudian sampai ke gendang telinga manusia. Gendang telinga akan meneruskan getaran tersebut melalui simpul syaraf ke otak dan otak akan mengenali getaran tersebut sebagai bunyi.
Sebagai contoh untuk menggambarkan proses pembentukan gelombang bunyi yaitu sebuah bass drum. Ketika bass drum dipukul akan terjadi getaran pada membran. Getaran tersebut berupa gerakan bolak-balik membran secara cepat ke arah dalam dan luar. Saat membran bergerak ke arah luar, membran akan mendorong molekul-molekul udara yang berdekatan untuk merapat. Hal tersebut merupakan bentuk compression (kompresi). Sebaliknya ketika membran bergerak ke arah dalam, membran akan menarik molekul-molekul udara hingga saling menjauh. Hal tersebut merupakan bentuk rarefaction.
Semua sumber bunyi bergetar dengan berbagai cara hingga membentuk pola yang sama antara daerah yang memiliki tekanan tinggi dan rendah. Pola ini disebut gelombang bunyi. Perbedaan tekanan dari titik maksimum menuju titik minimum dan kembali lagi pada titik maksimum disebut cycle (putaran). Waktu yang dibutuhkan untuk satu cycle disebut period.

0 comments:

Popular Posts

Music Lovers Room. Powered by Blogger.